Wednesday, March 14, 2012

Kata Dosen #2

Hari ini saya berkuliah Jurnalisme Media Cetak, dosennya? Hmm... sedikit susah ditebak, tetapi memang asik dan tidak macam-macam. Kebetulan ini mata kuliah lintas fakultas, jadi saya merasakan perbedaan yang sangat berarti (mengenai lintas fakultas di kampus saya akan saya bahas dipostingan berikutnya ketika saya sudah memiliki cukup waktu untuk bercerita banyak tentang kampus saya :D ) saat mengikuti perkuliahannya.

Sejujurnya, pada awal semester, saya merasa sedikit ragu-ragu untuk mengambil mata kuliah ini, tetapi setelah masuk ke dalam kelasnya dan berinteraksi dengan dosen yang unik seperti beliau saya menjadi (sedikit) lebih nyaman, ya meskipun tugas-tugasnya selalu berkesinambungan hadir dalam setiap pertemuannya dan saya pun masih belum bisa seratus persen nyaman dengan suasana perkuliahan yang asing karena saya adalah mahasiswi lintas fakultas.

Di dalam kuliah ini saya banyak mendengar istilah baru tentang jurnalistik, tentang keadaan jurnalistik di Indonesia, dan lain sebagainya. Agak merasa sedikit bingung, tetapi juga bersyukur karena mendapat ilmu yang baik.

Ada satu perkataan dosen saya yang mungkin akan saya ingat entah sampai kapan :

"Jadilah dirimu sendiri ketika menulis, jangan mengikuti orang lain. Karena tulisan itu memakai hati dan tulisan itu tidak pernah bohong."

Begitulah kurang lebih kata-kata beliau. Saya jadi berpikir lebih dalam ketika mendengar perkataan beliau, ada benarnya juga, memang. Tulisan itu tidak pernah bohong karena ditulis menggunakan hati, saya jadi megingat sebagian besar orang yang bahkan dengan sengaja menulis buku harian untuk menceritakan apa yang tidak bisa diungkapkan dengan jujur secara lisan.

Beliau memang terlihat sangar dan mengerikan, sehingga saya selalu segan untuk berinteraksi secara baik dengan beliau, tetapi mendengar beliau berbagi cerita dan pengalaman-pengalamannya membuat saya sadar bahwa beliau adalah salah satu di antara orang-orang yang menjadi inspirasi saya dalam menulis. Such a great Jurnalist, i adore you, Sir :)



By Dita Oktamaya

2 comments:

megume92 said...

akhirnya fans bang dosen nambah satu~

Dita Oktamaya said...

@megume92 : iya nih :D