Monday, March 12, 2012

Kata Dosen #1

Hari ini saya kuliah seminar skripsi. Di sela-sela kuliah, dosen saya tiba-tiba mengatakan hal yang sedikit membuat saya mengerutkan dahi :

"Di dunia ini ada 4 tipe penanya, yang pertama adalah tipe orang yang bertanya karena dia benar-benar tidak tahu, yang kedua adalah tipe orang yang sebenarnya tahu, tetapi dia pura-pura tidak tahu, yang ketiga adalah tipe orang yang ingin mengetes seberapa orang yang tahu itu menguasai apa yang diketahuinya, dan yang terakhir adalah tipe orang yang ingin memberikan pelajaran atau pengetahuan dengan cara bertanya, tidak langsung mengatakan bahwa hal-hal ini lah yang benar, tetapi membuat orang yang ditanya itu mencari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut, membimbing dengan bertanya."

Saya (agak) mengerti sih, tetapi bedanya di mana? Tipe yang pertama memang jelas sangat berbeda karena termasuk tipe yang tidak tahu apa-apa. Namun, perbedaan dari tipe dua, tiga, dan empat itu ada di mana? Terasa seperti sama saja, bukan? Baiklah. Jika ada yang bisa bantu, tolong beritahu saya ya :)

No comments: