Thursday, April 19, 2012

Kata Buku #1



Saya sedang dalam proses penyelesaian membaca buku yang sudah cukup lama saya beli, mungkin sekitar awal Desember tahun lalu, jika tidak salah ingat. Buku terjemahan, karya Shin Kyung Sook, asal Korea Selatan yang judul bahasa Inggrisnya tertulis "Please Look After Mom". Apakah di antara kalian ada yang tahu buku itu?

Menurut saya, hasil terjemahan pada buku ini sangat baik dan saya rasa saya tidak pernah mengerutkan kening setiap membaca buku ini dikarenakan tidak mengerti kata-kata yang digunakan sang penerjemah. Bagus, kan?

Ada beberapa dialog pada buku ini yang membuat saya menjadi banyak berpikir, maksudnya banyak berpikir tentang kehidupan yang sedang saya jalani, orang-orang yang berada di sekitar saya, dan banyak hal lainnya (sebagian besar hal kecil) yang terkadang luput dari pikiran saya. Salah satunya adalah dialog sang ibu ketika anaknya bertanya apakah beliau senang berada di dapur dan memasak di dapur, sang ibu menatap lekat-lekat anaknya dan berkata :

"Bukan masalah senang atau tidak senang. Aku memasak karena sudah seharusnya. Aku mesti di dapur supaya kalian semua bisa makan dan pergi ke sekolah. Mana bisa kita hanya melakukan apa yang kita sukai? Ada hal-hal yang mesti dilakukan, entah suka atau tidak. Kalau hanya melakukan apa-apa yang kausukai, lalu siapa yang akan mengerjakan apa-apa yang tidak kausukai?"

Ya, saya juga berpikir demikian, begitulah hidup. Manusia memang sudah seharusnya keluar dari zona nyaman, suka atau tidak suka. Itu alami, itu manusiawi, itu wajar. Setuju dengan saya?

Dan seharusnya saya sudah tahu itu sejak awal dan sekarang saya tahu.

Dialog itu selalu berada di pikiran saya ketika saya merasa tidak nyaman atas hal yang saya kerjakan dan saya menjadi belajar.

Dan saya menjadi tahu bahwa ternyata manusia tidak pernah berhenti untuk belajar dan seharusnya saya tahu itu sejak awal dan sekarang saya tahu. Saya menjadi tahu.

Saya suka membaca buku karena membuat saya tahu banyak hal yang membuat saya sadar bahwa sesungguhnya saya sudah tahu itu sejak awal. Buku membuat saya sadar seberapa tidak sadarnya saya tentang pengetahuan yang sebenarnya sudah saya tahu.


---pic : google.com

by Dita Oktamaya

1 comment:

Trica Jus said...

salam kenal dah, ku tunggu kunjungan baliknya yah